Hubungan antara Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal dan Profil Pelajar Pancasila

  • Dwi Lestari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Wahyu Andhini Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Tiara Cika Utami Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Oki Uliasari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Netriwati . Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Keywords: Kearifan Lokal, Etnomatematika, Profil Pelajar Pancasila, Korelasi, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pembelajaran matematika yang menggunakan kearifan lokal dan Profil Pelajar Pancasila pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penggunaan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika diharapkan bisa membantu siswa memahami konsep matematika serta membentuk karakter sesuai nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive dengan jumlah 40 siswa. Alat yang digunakan terdiri dari lima soal pilihan ganda yang berbasis konteks etnomatematika dari Lampung serta dua puluh pernyataan angket dengan skala Likert empat tingkat. Angket tersebut digunakan untuk mengukur dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman dan bertakwa, mandiri, gotong royong, berpikir kritis, kreatif, dan memiliki semangat kebinekaan global. Sebelum digunakan, instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS dengan uji korelasi Pearson dan Cronbach’s Alpha. Proses analisis data menggunakan uji korelasi Spearman karena data tidak berdistribusi normal. Hasil menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar rₛ = –0,016 dengan tingkat signifikansi 0,922 (p > 0,05). Ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal dengan Profil Pelajar Pancasila. Koefisien korelasi yang kecil dan bernilai negatif menunjukkan bahwa perubahan pada satu variabel tidak menyebabkan perubahan pada variabel lainnya. Hasil menunjukkan bahwa penerapan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika belum cukup memberikan kontribusi signifikan terhadap pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Untuk itu, diperlukan pengembangan materi pembelajaran, konteks budaya, serta strategi pengajaran yang lebih terencana agar integrasi kearifan lokal mampu memberikan dampak yang lebih besar terhadap karakter dan kemampuan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, M., & Aulia, F. (2023). The Reinforcement of Character Education through the Values of Local Wisdom in Folktales. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 7(2), 420–429.

Arif, S., & Mahmudah, U. (2023). Etnomatematika Sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Mengintegrasikan Nilai Kearifan Lokal dan Konsep Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Cakrawala : Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 6(2), 167‑177.

Fadlullah, M., Tahir, M., & Sobri, M. (2025). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 5 Sila. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan (JIPP), 10(4), 1080–1090.

Faiz, A., & S. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77.

Fatmawati, Z., Nurhidayati, & Pangestika, R. R. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Karakter Pelajar Pancasila pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Binagogik, 11(1), 261–270.

Fitriani, N. (2022). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 245–256.

Haerani, H., Rispawati, R., & Basariah, B. (2025). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PPPKn: Perspektif dan Tantangan Guru di SMP 21 Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 256–265.

Harefa, D. (2025). LOCAL WISDOM AS A MEANS TO FOSTER INDEPENDENCE IN MATHEMATICS LEARNING. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 101–117.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset & Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran. Kemendikbudristek.

Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–0.

Mujahidah, Mutmainnah Isnar, Abd. Kadir A, Patta, R. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus II. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 447–455.

Nasran, I., Imran, & S. (2021). Pentingnya penyuluhan nilai kearifan lokal Pekatunda sebagai semangat gotong royong pada masyarakat di Desa Wombo. Das Sein: Jurnal Pengabdian Hukum & Humaniora, 1(2), 108–116.

Nurhayati, A. I., Susilo, B. E. (2021). Systematic Literature Review: Implementasi Pembelajaran Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Karakter Cinta Budaya Lokal. Jurnal Didactical Mathematics, 4(2), 368–379.

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi [OECD]. (2019). Hasil PISA 2018 (Volume I): Apa yang Diketahui dan Dapat Dilakukan Siswa. OECD.

Pathuddin, H., & Nawawi, M. I. (2021). Buginese Ethnomathematics: Barongko Cake Explorations as Mathematics Learning Resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312.

Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik). (2023). Laporan Asesmen Nasional 2023. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rahmad, R. (2021). Nilai karakter cinta tanah air dan gotong royong pada kearifan lokal Manugal sebagai sumber belajar IPS di sekolah dasar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 220–227.

Rahmawati, D., & Kurmiawan, R. (2023). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk PenguIatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(2), 98–107.

Rahmawati, N., & Syukur, F. (2023). Local Wisdom-Based Character Building Empowerment at Junior High Schools In Indonesia. Al‑Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3892–3905. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3207

Rakhmawati, I. A., & Alifia, N. N. (2018). Kearifan lokal dalam pembelajaran matematika sebagai penguat karakter siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 186–196.

Riswati, S., Netriwati, N., & Suherman, S. (2021). Identifikasi Etnomatematika pada Alam Gemisegh sebagai Kekayaan Matrematika dan Budaya Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 55–67.

Sabarno, Halini, Rustam, Fitriawan, D. (2022). Etnomatematika Pada Keraton Alwatzikhoebillah Sambas Sebagai Sumber Belajar Matematika Materi Geometri. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1‑12.

Setiawan, I., Widyawan, D., & Puspitorini, W. (2021). Intervensi sosial-emosional dan pengembangan karakter terhadap persepsi diri siswa disertai aktivitas fisik. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 30(4), 284–293.

Simaremare, T. P., Putra, A. J., Setiyadi, B., Purba, A., Yani, D. F., Aswan, D. M. (2024). Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Suku Anak Dalam Jambi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 107–119.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif: Sebuah Studi Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609.

Sutrisno, E., N., & Saija, M., L. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Motif Batik Lampung pada Penerapan Materi Grafik Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 77‑82.

Published
2025-12-01
How to Cite
Lestari, D., Andhini, W., Utami, T., Uliasari, O., & ., N. (2025). Hubungan antara Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal dan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT), 6(2), 655- 667. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i2.1072