Sistematic Litarature Review : Penerapan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Geometri Bangun Ruang
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah telah ditetapkan sebagai salah satu soft skill fundamental yang esensial bagi siswa d abad ke-21. Dalam konteks pendidikan, peningkatan kemampuan ini perlu dilakukan pengembangan melalui inovasi dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran matematika materi geometri bangun ruang. Penelitian ini berupaya untuk mencapai tiga tujuan utama yaitu mengidentifikasi tren penerapan etnomatematika, mengkaji efektivitas pelaksanaannya, serta menarik kesimpulan mengenai kontribusi penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang dipilih adalah Sistematic Literature Review (SLR). Proses penelusuran dilakukan dengan menetapkan kriteria inklusi dan ekslusi yang dilakuka terhadap artikel – artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam liam tahun terakhir. Dari proses penyaringan, ditemukan dam analisis sebanyak 16 artikel yang sesuai dengan topik yang akan dianalisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 13 artikel diantaranya secara spesifik berfokus pada hubungan antara etnomatematika dengan objek budaya daerah. Temuan kunci dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan etnomatematika yang paling sering diimplementasikan adalah dengan menjadikan rumah adat dan makanan tradisional sebagai objek pembelajaran. Penggunaan objek budaya lokal dan khas daerah tersebut terbukti mampu meningkatkan secara signifikan kemampuan pemecahan masalah pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini terjadi karena etnomatematika berhasil menjadi solusi pemahaman konsep matematika yang abstrak dengan realita budaya yang konkret dan familiar bagi siswa, sehingga pemebbelajaran geometri menjadi lebih bermakna dan mudah dipahami. Sebagai rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk memvariasi objek etnomatematika selain rumah aat dan makanan tradisional misalnya dengan mengeksplorasi alat musik, permainan motif batik tradisional. Selain itu, perluasan fokus penelitian pada jenjang sekolah ynag berbeda seperti SD atau SMA juga penting untuk dilakukan. Terakhir penelitian selanjutnay hendaknya menganalisis dampak etnomatematika terhadap aspek keterampilan abad ke-21 selain kemampuan pemecahan masalah, seperti kemampuan berfikir kritis atau kreativitas siswa.
Downloads
References
Astiati, S. D., & Ilham, I. (2025). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Media Papan Ice Cream sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(4), 1287-1298.
https://doi.org/10.53299/jagomipa.v5i4.2684
Barata, A., Ligia Mampouw, H., Mulyani, S., Kristen Satya Wacana, U., & Corresponding Author,
S. (2023). Peningkatan Epistemic Curiosity dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 7 berbantuan Video Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 96–
http://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/circle
Dwianjani, N. K. V, Astawa, I. W. P., & Sukajaya, I. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi BRSD Berorientasi Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 69.
Eka Rahmadhani, S., & Nurul Hasana, S. (2022). Pengembangan E-MODUL Matematika Interaktif Berbasis Etnomatematika Lampung pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Sisi VIII. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(14), 1–12.
Farhah, L. (2022). Pengembangan Video Matematika Berbasis Etnomatematika Di Kabupaten Malang Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas IX [Tesis, Universitas Islam Malang]. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6668
Fauzi, A., Buchori, A., Wulandari, D., & PGRI Semarang, U. (2021). Pengembangan Media Berbasis Android dengan Fitur Augemented Reality Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6), 484–495.
Fawaid, Faulina, R., & Ivayana Sari, D. (2025). Pengembangan E-MODUL Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal Numeracy, 12(1), 51–66. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy
Febria, F., & Rismawati. (2024). Pengembangan Video Pemebelajaran Matematika SMA/MA Berbasis Etnomatematika. Mathematic Education Journal)MathEdu, 7(1), 102–110. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Fitriza, R., Desmaniati, E., & Kudus, H. F. (2022). Kemampuan Berfikir Geometri Peserta Didik Kelas IX Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Etnomatematika. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 107. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.11422
Gustina, V. D., Prabawati, M. N., Rustina, R., & Matematika, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bertema Etnomatematika Di Tasikmalaya Berbantuan Smart Apps Creator 3 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Kongruen, 3(3), 298–305.
Khoriyani, R. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa dengan Pembelajaran Melalui Media Visual. Education Journal: General and Specific Research, 2(3), 479–487. https://www.researchgate.net/publication/365560569
Kurniasari, I., Rakhmawati M, R., & Fakhri, J. (2018). Pengembangan E-MODULE Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education,1(2),227–235. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Lubis, S., Andayani, S., & Habibullah, H. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi pada Kemampuan Spasial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 822. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3017
Lubis, S., Andayani, S., & Habibullah, H. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi pada Kemampuan Spasial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 822. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3017
Lupita L., Anwar, C., & Andriani, S. (2021). Video Edukatif Youtube Berbantuan Powtoon Aplication Berbasis Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa SMP/MTS MAJU 8(1), 393-402
http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14518
Maryanti, I., & Suwardi, T. E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JOURNAL of MATHEMATIC, SCIENCE and EDUCATION, 7(1), 24–34.
https://doi.org/10.31540/jmse.v7i1.3328
Monika, M. S., Sastrawati, E., & Budiono, H. (2024). Pengembangan Video Animasi Berbasis Etnomatematika Pada Bangunan Gentala Arasy Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 258–269. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5501
Nabila, H., Nursyahidah, F., Prasetyowati, D., Matematika, P., & Pgri Semarang, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika Menggunakan Ispring Suite. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 280–
https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/9741
Nurhasanah, Hayati, L., Humaira, S. N., & Amrullah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 260–266. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5642
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Ridho, M. A., Fajriah, N., & Juhairiah, J. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis STEM pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Kontaks Budaya Banjar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 287–299. https://doi.org/10.20527/edumat.v12i2.19078
sari, ferninda sari. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Melalui Pendekatan Etnomatematika Di MTS Ma’arif 02 Kotagajah [Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro]. In repository metrouniv (Issue Tesis). https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/6199
Sari, I. D. A., Herman, T., Sopandi, W., & Jupri, A. (2023). A Systematic Literature Review (SLR): Implementasi Audiobook pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 661–667. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5238
Shalsabila, A., & Loviana, S. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika pada Materi Relasi dan Fungsi. Lembaga Penelitian, Universitas Swadaya Gunung Jati, 11(1), 69–80. https://doi.org/10.33603/942jtj57
Surya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya literasi sains: faktor penyebab dan alternatif solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153-166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
Susanto, S., & Azizah, H. M. (2025). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking dan Creative Thinking) untuk Menyongsong Era Abad 21. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 4(1), 231-242
https://doi.org/10.58192/sejahtera.v4il.3028
Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044
Susilowati, D. L. (2022). Analisi Karakter Tingkat Berfikir Geometris Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Heile. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 185–198. https://doi.org/https://doi.org/10.47662/farabi.v5i2.460
Valda, R. E., Sakinah, N. L., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Materi Lingkaran Kelas VI Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1504. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i5.9195
Yandani, E. P. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Ruang Siswa Kelas I SD No. 2 Gulingan Bandung Tahun Ajarn 2021/2022 [Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja]. In Repository universitas Pendidikan Ganesha (Issue tesis). http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10990
Zainal, Z. (2018). Meningkatkan Peringkat Berfikir Geometri Siswa SMP di Parepare Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Saintifik, 4(1), 54–62.



















.png)