THE EFFECT OF DEEP LEARNING-BASED VIRTUAL LEARNING ON STUDENTS' MOTIVATION TO LEARN ECONOMICS AT STATE HIGH SCHOOL 8 TERNATE

  • Nazwa Nabila Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara
  • Febiyanti Umaternate Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara
  • Ode Zulaeha Institut Sains dan Kependidikan (ISDIK) Kie Raha Maluku Utara
Keywords: Economics Education, Problem-Based Learning, Conceptual Understanding, High School Students, Active Learning

Abstract

Perkembangan ekonomi global yang semakin dinamis menuntut peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, termasuk dalam bidang ekonomi. Namun, rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ekonomi dasar masih menjadi permasalahan utama di berbagai satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman konsep ekonomi siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI IPS di salah satu SMA negeri di Yogyakarta, yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor posttest siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Model PBL terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep ekonomi secara lebih efektif karena mendorong siswa berpikir kritis, kolaboratif, dan kontekstual dalam memecahkan permasalahan ekonomi sehari-hari. Kesimpulannya, implementasi model Problem Based Learning memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep ekonomi siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PBL sebagai alternatif strategi pembelajaran dalam pendidikan ekonomi, khususnya di tingkat sekolah menengah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-12-02
How to Cite
Nabila, N., Umaternate, F., & Zulaeha, O. (2025). THE EFFECT OF DEEP LEARNING-BASED VIRTUAL LEARNING ON STUDENTS’ MOTIVATION TO LEARN ECONOMICS AT STATE HIGH SCHOOL 8 TERNATE. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 7(1), 1-8. https://doi.org/10.5281/zenodo.17768551