PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING(PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SATAP MANGOLI UTARA TIMUR
Abstract
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman Hayati pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 SATAP Mangoli Utara Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 SATAP yang berjumlah 15 siswa. Tekhnik pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes. Tekhnik analisis data menggunakan analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model Projec Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Peningkatan terjadi pada siklus I, aktifitas pembelajaran dan kemandirian siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan aktivitas dan hasil belajar menjadi baik dan kemandirian belajar siswa meningkat menjadi tinggi sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Projec Based Learning (PjBL) pada siklus I terdapat 7 siswa (46,67%) dari 15 siswa mengalami ketuntasan dengan nilai rata-rata daya serap sebesar 69,33 sedangkan pada siklus II 11 siswa (73,33%) mengalami ketuntasan dengan rata-rata daya serap sebesar 74,20 sehingga dapat disimpulan bahwa penerapan model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 SATAP Mangoli Utara Timur.
Downloads
References
dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa.Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Adnyawati 2011 pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar
Fadilah et al. pengertian Media, Tujuan,Fungsi,manfaat dan Urgensi media pembelajaran
Fajria, N. R. 2023. Pengaruh Model Project Based Learning Menggunakan Media Audio visual terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Lampung
https://lmsspada.kemdiktisaintek.go.id/pluginfile.php/650997/mod_resource/c ontent/1/2.%20Keanekaragaman%20Hayati.pdf
Kamsinah. 2018. Model Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 11(1), 101–114.
Kusdayanti Djufri, Ermin, Jena Andre. Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share(TPS) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada mata pelajaran Biologi SMA Negeri 11 Kota Ternate . Volume 5 Nomor 2 November 2025.
Mudjiman Haris(2011). Belajar mandiri: pembekalan. Dan penerapan.Sukarta: UNS Press
M. Iksan B. Aly M.Si,1Silfani Abubakar2, Nani Renwaren3. Analisis minat peserta didik SMA AL –Khairat Labuha untuk melanjutkan pendidikan Tinggi Di ISDIK Kie Raha Maluku Utara. Volume 5 Nomor 2 Juni 2025. https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jbes/article/view/910
Nur Wa’alin Millah, Ali Usman, Andi Firmanto 2023. Penerapan Model PJBL (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dipadukan dengan Wordwall. Jurnal Biologi Volume: 1, Nomor 3,
Nurfitriyanti, M. 2016. Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 2(6), 149-160. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12941
Oktaya, I., & Panggabean, E. M. 2022. Ketepatan dan Efektivitas Penggunaan Teori belajar dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based leaeing pada kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 01(1), 10-14
Sitompul, N., Sihombing, S. A. A. S., & Manurung, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPA siswa SMP.Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika,8(2),64–69.
Salsabila Zahra(2023) penerapan model pembelajaran Avance Organizer terhadap komunkasi matematis peseta Didik kelas V SD/MI”
Sugiyono, 2020.Metode Penelitian Pendidikan Kuatitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta
Trisnaning, T. W., Ani, & Wiyanto. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Metode Kooperatif Tipe Learning Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 189–19
Wulandari et al. (2023) pentingny media pembelajaran dalam proses belajar mengajar
