ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA SEKOTA TERNATE DI SMA KELAS XII UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI
Abstract
ABSTRAK: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Sekota Ternate Di SMA Kelas XII Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi tahun ajaran 2025/2026. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Institut Sains Dan Kependidikan (Isdik) Kie Raha Maluku Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal terhadap minat siswa dalam melanjutkan studi keperguruan tinggi di SMA kelas XII sekota Ternate. Jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian secara kualitatif, penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamia, dimana peneliti akan sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data yang dilakaukan menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA se Kota Ternate. sampel diambil menggunakan cluster sampling. Cluster sampling atau kelompok digunakan karena populasi penelitian tergabung dalam kelompok kelas sehingga sampel yang diambil hanya mewakili saja. Dengan jumlah sampel sebanyak 129 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa minat siswa kelas XII di kota Ternate untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal.
Downloads
References
Azizah, D. D., & Subrata, H. (2022). Implementasi Bahasa Jawa Krama Inggil pada Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar di Wilaya Trenggalek_Dyah Dinu Azizah. Jurnal Review PendidikanDasar:jurnalKajianPendidikan DanHasilPenelitian,8(2),161166,https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p161-166.
Auerbach, R. P., et al. (2018) Anxiety, Depression, and College Success: A Longitudinal Study. Jurnal of Abnormal Psychology. Volume 127, hlm 623-635.
Budi Santoso (2020) Analisi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Mahasiswa Vokal. Jurnal Pendidikan Vokal. Volume 5, hlm 45-52.
Conley (2020) College Knowledge: What it Really Takes for Studens to Succeed and What We Can Do to Gen Them Ready. Hlm 15-40.
Christine Bursh Nick & Christina Gen The (2022). Low Completion Rates of Latin Community College Students. Impacting Education: Jurnal on Transformasi Professional Practice. 7 (2). 32-38.
Chen & Li (2025) Journal of Educational Psychology volume 117, hlm 456-478.
Dr. Amelia Tan & Dr. Budi Santoso. (2020). The Impact OF Perceived Future Earnings on Collage Enrollment Decisions. Jurnal of Higher Education Outcomes (Conto Hipotesis). Volume 5, hlm 78-92.
Dweck, C.S. (2016). Mindset The new psychology of success. Ballantine books.
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rinake Cipta.
Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Studi Keperguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Di SMA Negeri 14 Samarinda. Jurnal Prospek : PendidikanIlmuSosialDanEkonomi,4.https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/prospek.
Flanagan-Borquez & Soriano-Soriano (2024). Frontiers in Education. Volume 9.
Hhtp://repository.fe.unj.ac.id
Khadijah, Siti., Henny Indrawati., Suarman. 2017. Analisis Minat Peserta Didik Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26 (2). 178-188.
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat sosial media youtube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2).
Kusumawati, A. (2018). Perilaku Konsumen dan Pemasaran Pendidikan Tinggi. Universitas Brawijaya Press.
Locke, E. A., & Latham, G. P. (2018). A Theory of Goal Setting & Task Performance.
Laura W. Perna, Marvin A. Titus, dan Joni K. Finney. (2018). Contingency Planning and College Success: A Longitudinal Study. Vol 59, hlm 456-478.
Laura Perna & Alisa Hicklin Fryar. (2020). The Impact of College Costs on Enrollment Decisions: Evidence from a National Survey. Jurnal of Student Financial Aid. Vol 50, hlm 1-20.
Maxwell, L. E. (2016). Dalam Jurnal of Environmental Psychology. Volume 46, hlm 206-216.
Purnamasari, I. (2018). Analisis Deskriptif pada Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa untuk Melanjutkan Pendidikan ke Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Statistika. (6)2.
Rokhmaniyah, M. P., Suryandari, K. C., Fatimah, S., & Mahmudah, U. (2022). Anak Putus Sekolah, Dampak, dan Strategi Mengatasisnya. CV Pajang Putra Wijaya.
Ratner (2023) University of IIIinois Urbana-Champaign.
Siregar, P. P., Julmasita, R., Ananda, S., & Nurbaiti, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(1), 43–50.
