IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 12 TIDORE KEPULAUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Implementasi video pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar Biologi pada siswa kelas XI SMA Negeri 12 Tidore Kepulauan, serta mengidentifikasi efektivitas video pembelajaran sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 15 siswa/i. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor angket minat belajar sebelum perlakuan adalah 660 dari skor maksimal 1.875 atau sebesar 35,2% dengan kategori “Kurang”. Setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan video, skor meningkat menjadi 1.580 atau 84,2% dengan kategori “Baik”. Dari hasil perhitungan terhadap seluruh data siswa, diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 69,17% (cukup efektif). Yang berarti bahwa video pembelajaran yang di gunakan tergolong efektif dalam menyampaikan materi. Hal ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran bukan sekadar alat bantu, tetapi juga strategi penting dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, terutama untuk materi yang membutuhkan pemahaman visual. Data wawancara juga mendukung hasil angket, di mana siswa menyatakan lebih mudah memahami materi, merasa lebih tertarik, serta lebih antusias mengikuti pembelajaran Biologi setelah menggunakan media video. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi video pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar Biologi siswa, khususnya pada materi sistem reproduksi manusia.
Downloads
References
______2013. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Adu, E. S., & Priambodo, A. (2023). Tingkat Minat Siswa Sma Negeri 15 Surabaya Terhadap Pembelajaran Pjok Dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan,11,03. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive.
Agung, Iskandar . 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Ardiansah, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI di SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.
Ardiansah, R. (2021). Pengaruh media pembelajaran video terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 45-53.
Astuti, F., & Wijayanti, D. (2020). Efektivitas video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 6(1), 23-30.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Astuti, S., & Wijayanti, R. (2020). Pengaruh Media Video terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 8(2), 145–152.
Citra Nuritha dan Ayu Tsurayya, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa,” Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no.1(2019): h. 49.
Daryanto, 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuain Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media._2010. Belajar Dan Mengajar, Bandung:
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014 . Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2), 174–185.
Falahudin, A. (2014). Media pembelajaran dan inovasi pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara.
Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. 2 (2) : 82-88.
Lalian, O. N. (2018). The effects of using video media in mathematics learning on students’ cognitive and affective aspects. AIP Conference Proceedings, 2019(October 2018). https://doi.org/10.1063/1. 5061864
Mawadah, S. (2020). Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, 15(1), 45–53.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Mayer, R. E. (2019). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
Nurfadhillah, S., Rahman, A., & Putri, D. (2021). Penerapan media audio-visual dalam pembelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 78-85.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.
Nurfadhillah, F., et al. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(1), 25–34.
Nurfadhillah, S., Fadhilatul Barokah, S., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., Yanti, A. A., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Audiovisual Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 1 Mi Al Hikmah 1 Sepatan. In Pensa : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128.
Panghegar, A. H., Wijayanti, A., & Lazuarti, S. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) dalam Meningkatkan Minat Belajar IPAS Peserta Didik Kelas VA di SD Negeri Kanggotan. 2(1).
Rahmaniati, E. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional Dengan Permainan Kartu Bertema Protista Pada Siswa Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ipa, 7 (2),1 https://doi.org/10.26418/jpmipa.v7i2.17684
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sadiman, Arif S. dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sadiman, A., Rahardjo, B., Haryono, A., & Anwar, K. (2012). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Siti Mawadah, H. (2020). Peran media audio-visual dalam meningkatkan keterlibatan belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 56-65.
Sari, E., Riswanto, R., Rosa, F. O., & Maryuning, M. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Melalui Media Canva Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Bandar Sribhawono. Swarnadwipa, 7 (1), 26-36. https://doi.org/10.24127/sd.v7i1.2863
Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas Ix Smp. Scientiae Educatia, 6(1), 22. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i1.1296
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
Silfitrah, S., & Mailili, W. H. (2020). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Sigi. Guru Tua : Jurna Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.39
Silfitrah, S., & Mailili, W. H. (2020). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Sigi. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.39
Situmorang dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekskresi Manusia. Jurnal Edubio Tropika, volume 3, hal 2.
Slameto, 2015. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT, Rineka Cipta
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sumanto, Wasti (2014), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara.
Suryabrata, Sumadi. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Tendrita, M. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Biologi Dengan Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal VARIDIKA, 28(2), 213–224. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.2867
Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Virginia, A., Retno, S. Endah, P. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Tumbuha n terhadap Hasil Belajar. Unnes Journal of Biologyy Education.
Yrama Widya._2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta : Penerbit Gava Media.
