ANALISIS KESIAPAN GURU DAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DALAM KESIAPAN DENGAN PENDEKATAN DEEP LEARNING DI KECAMATAN GALELA INDUK
Abstract
Abstrak : kesiapan guru dapat dimaknai sebagai kesiapan dalam menciptakan situasi belajar siswa agar berperan aktif dalam melaksanakan tugas-tugasnya, kesiapan guru dalam merancang pembelajaran merupakan kunci dari kesuksesan pembelajaran di kelas. melalui proses pembelajaran siswa difasilitasi untuk berinteraksi baik dengan guru, sumber belajar, maupun sesama siswa. kesiapan siswa merupakan kondisi awal dari suatu kegiatan belajar yang membuat seseorang siap untuk memberi respon atau jawaban pada diri siswa itu sendiri dengan cara tertentu.Model pembelajaran berbasis deep learning (DL) dapat digunakan untuk sistem pendidikan adaptif yang dipersonalisai. Pembelajaran yang dipersonalisasi dapat dimanfaatkan untuk membuat jenis pendidikan ini lebih efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kesiapan guru dan siswa di Kecamatan Galela Induk Kabupaten Halmahera Utara rata-rata diperoleh kategori Baik dalam pembelajaran tetapi dilihat dari kesiapan pembelajaran dengan pendekatan Deep Learning guru dan siswa di SMA Negeri 2 Halmahera Utara kesiapannya jauh lebih baik di bandingkan dengan SMAS Muhammadiyah dan MA Muhammadiyah Soasio.
Downloads
References
Ermin, Muhammad hidayat. Analisis model pembelajaran project based learning (pjbl) dalam mendukung keterampilan kolaborasi siswa di SMA NEGRI 2 kabupatem Halmahera barat.volume 4 nomor 3 2024 https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jbes/article/view/791/648
Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20-37
Hattie, J. (2012). Visible Learning for Teachers: Maximizing Impact on Learning. Routledge.
Indrianto, N., Latipah, N., Suharjo., Pratiwi, C. R. N. P., Kusumawati, H., Nuriyati, T., Handayani, E. S., Lehan, A. A. D., Suwantoro., Nadziroh, A., Noor, T. R., Yuliasti, RR. N. K., Marzuki, A. G., Hamzah., Biduri, F. N., Astuti, D. P. J., Ulfa, M., Ma'arif, A. S., Sodik, A. J., Sa'diyah, H., Afriani, Z. L., Toifah, N., Anita., Daulay., S. H., Sawitri, R., Bayu, W. I., Yono, T., Aryanti, S., Rodi'ah, S., Salamah, U., & Susanto, R. (2021). Waktunya Merdeka Belajar. Akademia Pustaka.
M. Iksan B. Aly, Silfani Abubakar, Nani Renwaren. Analisis Minat Peserta Didik Sma Al-Khairaat Labuha Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi Di Isdik Kie Raha Maluku Utara. Voume 5 Nomor2 Juni 2025. urnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jbes/article/view/910/720
Purba, P. B., Siregar, R. S., Purba, D. S., Iman, A., Purba, S., Purba, S. R. F., Silvia, E., Rahim, R., Chamidah, D., Simarmata, J., & Purba, B. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis
Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and development, 9(4), 173-177.
Rahayuningsih, E., & Hanif, M. (2024). Persepsi Guru dan Siswa terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Perspektif Social Learning Theory (SLT). Journal of Education Research, 5(3), 2828-2839.
Sari, H. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar menurut Aliran filsafat Progresivisme. 6(2).
Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum: Kajian Teori dan Praktik. Mulawarman University Press
