PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI PADU DENGAN APLIKASI CAPCUT PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM SASA KOTA TERNATE

  • Risna Ahmad, Taufiq Taher, Najamudin Marsaoly ISDIK Kie Raha Maluku Utara
Keywords: PBL, Aplikasi Capcut, Dan Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi kelas X di Madrasah Aliyah Darul Ulum Sasa Kota Ternate masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, penggunaan metode konvensional, dan rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak pada pencapaian hasil belajar yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL) yang dipadu dengan aplikasi CapCut dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik pada peserta didik kelas X.A di Madrasah Aliyah Darul Ulum Sasa Kota Ternate. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-A yang berjumlah 16 orang. Hasil belajar siklus I menunjukkan nilai kognitif dari 32,92 (pretest) meningkat menjadi 72,33 (posttest), hasil afektif berada dalam kategori “Baik”, dan hasil psikomotorik menunjukkan tingkat keberhasilan 77,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan signifikan terhadap hasil kognitif mencapai 90,31 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Aspek afektif meningkat dari kategori “Baik” menjadi “Sangat Baik”, dan psikomotorik mencapai keberhasilan sebesar 87,18%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriani, S. P., Jufri, A. W., Syukur, A.,Setiadi, D. (2022). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta didik Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1),123–129.
Auliyah, I., Idawati, I., & Syamsuriyanti, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Capcut Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Murid Kelas Iv Sdn 248 Laikang Kecamatan Kajaang Kabupaten Bulukumba. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang , 10 (2), 477 - 484. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2929
Chan, F., Budiono, H., & Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Dasar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 9-17.
Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282–294.
Ferry, D., Jepriadi, & Kamil, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa melalui Penerapan Media Video Animasi Tiga Dimensi (3D). Pedagogi Hayati, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.31629/ph.v3i2.1641
Fitriani, et. al.. 2021. Kualitas LKPD Elektronik Konsep Ekosistem Jenjang SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Al-Tarbiyah. 31 (2): 131-138.
Henryadi, Tricahyadinata, I., Zannati, R.(2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).
Nina Sulvia Ayuna Sari, Hamengkubuwono, & Pratama, M. I. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4).
Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888.https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4342/2836.
Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia, 1(2), 127– 134.
Permata, R., Rohana, R., & Surmilasari, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran EFlashcard pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 419-430.
Pratiwi, Y., & Hidayat. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mis Al-Ikhlas Sidodadi R. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 08
Rahayu, I. D. (2022). Mrs Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(2), 44– 50.
Sugiarto. (2021). Mendongkrak Hasil Belajar Matematika Menggunakan PBL Berbantuan GCA. Karanganyar: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Taufiq Taher & Najamudin Marsaoly (2024) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Smp Negeri 55 Halmahera Selatan. Vol 4 No 3 (2024): Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/jbes/article/view/765.
Published
2025-11-30